May 8, 2013

Gunung Merapi

Puncak Garuda, Gunung Merapi
Gunung yang sudah terkenal dan pernah menjadi salah satu filem dengan peno
kohan terkenal seperti mak lampir, grandong, basir (Misteri Gunung Merapi) ini telah berhasil ane daki gan. bersama satu orang temen ane bernama awi/apokpak. awalmula dimulai rencana yang dibikin buat hari jumat berangkat dari selo sekitar pukul empat dan rapi disusun hari rabu.

rencana tinggallah rencana, keduanya saling cancel untuk pendakian ke gunung merapi ini dikarenakan ada beberapa sebab yang mungkin akan mempengaruhi dalam hidup setiap masing masing individunya. singkat cerita tibalah hari jumat pagi.. disitu ane udah mulai ngerti kalo mungkin belum kali ini rejeki ane buat naik ke gunung merapi. lama kelamaan setelah apa yang terlihat di sepanjang hari jumat tadi, begitu selesai solat magrib, langsung aja jemari ini bergerilya mengirim pesan yang sedikit usil.

"gimana bro? jadi kagak nih muncak?", dengan alun canda seperti biasa dan apakah respon yang ane dapet.. haha "ayoh wae, mariki mangkat yo", sontak langsung dong ane siap siap dapet angin seger begini. lompat ke cerita selanjutnya. Ane sama awi melepas yogyakarta menuju Selo Village, desa terakhir yang juga merupakan basecamp sebelum melaksanakan pendakian. kenapa nggak yang deket aja lewat jalan kaliurang misalnya? sip, ane menjawab, karena setelah erupsi merapi 2010 kemarin, beberapa akses atau jalan menuju lokasi basecamp disana susah dan jalur pendakian menjadi acak. sehingga belum dimungkinkan untuk mendaki dari jalur tersebut.

Jam sembilan kita brangkat, sampai basecamp jam sebelas lebih duabelas. tanpa babibu langsung saja istirahat sejenak sampai tepat pukul sebelas lebih empat tujuh berangkat untuk muncak. nah ini yang ane suka, kita muncak > sunrise > lantas turun dan pulang. haha setelah sempet salah basecamp di NEW SELO, yang ternyata kosong sepi tak bertuan, sampailah ke Pasar Bubrah pukul empat tiga tujuh. tak disangka bertemu seorang yang tidak dikenal dan setelah kenal kita merasa kalo memang agak sempit ya wilayah kita ini (mungkin tidak). dia adalah dua orang dari UGM yang juga mengenal salah satu senior kita, Rambe. Dan serunya salah satu yang bernama umam, dia juga berasal dari kediri.. whahahaha... :D

oke dari pasar bubrah, tenda didirikan, menaruh apa yang sekirannya tidak diperlukan dalam perjalanan mencapai puncak di tenda, maka empat lima puluh berangkatlah menuju puncak. medan yang sepenuhnya berupa pasir dan batuan (hasil erupsi merapi) menjadi medan yang cukup apik bagi mereka yang baru pertama melakukan daki merapi. 5.41am, subhanallah.. sekalilagi tiada hamba mengingkari segala nikmat segala rezki dan maha segala galanya Allah. sunrise muncul dengan perlahan.. sun rice, sunrise, sun rice!!

yang menarik selama perjalanan, ada bule yang mungkin brangkatnya agak ketinggalan dari kita, tapi yang terjadi adalah bule yang nyampe duluan ke puncak garuda.. pakai jurus apa ya? hmm..

nggak lama setelah itu, jam tangan menunjukkan kita harus turun jam tujuh pagi kembali ke pasr bubrah untuk mengambil apa yang telah kita tinggal, setelah sebelumnya puas berfoto ane sama awi dan kedua sobat baru kita. hahaha.. sesampainya di pasar bubrah sekitar tujuh tigapuluh karena capai dan belum istirahat, ditinggal duduk sebentar, ane sama awi pun ketiduran. Setelah ane bangun, ane liat jam tangan tepat di 8.49am, bangunin awi lah langsung, karena kembali ke tujuan kita muncak turun pulang istirahat. jam sembilan setelah berpamit kepada dua orang tadi di dalem tenda, ane langsung melesat turun sama awi. dan ini yang memberikan ane inspirasi, bahwa...

"segala apapun akan terasa enak terutama dalam berproses naik, lain halnya ketika turun.. setiap orang kadang perlu menikmati pula proses turun dalam hidupnya"

paling tidak itulah quote yang ane bikin sendiri secara nggak jelas karena melihat apa yang telah terjadi pada waktu itu. jam sebelas lebih 11, ane nyampe duluan di NEW SELO, tempat dimana kita berangkat, sedang awi 15 menit kemudian sampai. Ternyata yang malamnya sepi, sangat berlawanan dengan terangnya, rame banget. Rasanya seperti nggak mungkin jika melihat malam tadi. hahaha.. lanjut jalan ke basecamp. pukul 11.30 sampai dan istirahat sejenak dan pulang pukul 11.51.

langsunglah tiba di yogyakarta pukul 01.58 :D
bersambung..

No comments:

Post a Comment

Pada "Comment as:" kamu bisa pilih Anonymous atau Name/URL ;)