Feb 6, 2015

Crush Gear FAQ (Frequently Asked Question)


Dokumen ini di khususkan untuk menjawab
pertanyaan yang sudah biasa berlalu lalang dalam Crush Gear, jadi sebaiknya di baca dahulu. Untuk teman teman yang punya info atau berwawasan di bidang silahkan meng-komen dokumen ini dengan tanggung jawab.


Q : CRUSH GEAR INI ada berapa seri ? 
A  : ADA SERI TURBO DAN NITRO, DI TENGAH SERI ITU ADA WSO . Jika kurang jelas seperti apa modelnya bisa liat langsung disini :


Q : untuk merk kw mana yang lebih bagus ya ?
A :sebenarnya itu semua tergantung selera masing masing setiap merk ada keunggulan dan kekurangan, dan menurut pengalaman saya ada beberapa posisi untuk cg kw:
JIADA: detail oke mendekati ori sayangnya beberapa part mudah loose khususnya untuk starter. part tersebut misalnya chassis yang mana bagian battery box kurang snapfit dengan body juga bagian connector Front Weapon dan Rear Weapon yang juga kurang snapfit denagn FW dan RW.
-gold seagul: kokoh dan part snapfit tapi detail kurang bagus bagian pengait chasis getas mudah patah jika handlingnya salah. Namun dinamonya merupakan dinamo dengan rpm paling tinggi diantara dinamo standar merk lainnya.
5 star: detail oke dan lumayan kuat dan presisi tapi bahan plastiknya kurang bagus.
shuang xing: detail kurang bagus biasanya tidak ada ver box atau loosepack, chassis di bagian pengait mudah patah jika tidak hati-hati menanganinya. wheel semua CG nya adalah wheel dino spartan. Dinamo bertorsi kecil hingga tidak nyala. body bagian pengait depan juga rawan. positifnya cg merk ini dapat dijadikan mutilan. contohnya: gearset, shaft, isi dalam dinamo, weapon, bumper dan wheel juga masih layak dipakai.
porchepo: detail kurang warna lebih gelap , ver box only dan bahan plastik jelek rawan patah sana-sini
silahkan review singkat diatas di jadikan bahan pertimbangan 


Q : banyak istilah asing di grup ? seperti wso ,starter, setting dash atau spin dan banyak lagi.
A : saya beritahu beberapa:
WSO : work staff original
starter gear : cg team tobita. ada garuda eagle, raging bull, dino spartan, shooting mirage dan gougetsu reishiki
setting dash : setting dimana crush gear kamu dapat mendorong crush gear lawan keluar arena
setting spin : settingan berputar berharap crush gear lawan terbalik dengan menggunakan wheel weapon, Front dan Rear weapon. 


Q : apa yang dimaksud gear Hi-Ratio, Normal Ratio, dan Low Ratio  
A : hi ratio merupakan gear yang dapat mengubah rpm (rotasi per menit) wheel cg mu menjadi lebih tinggi sehingga cocok dengan settingan cg spin, namun akan mengorbankan torsi/kekuatan putaran dari wheel. Gear ini dikeluarkan oleh Brand Bandai dengan colorcode Merah. Namun ada beberapa merk yang gear bawaan berwarna merah sehingga hati-hati dalam membedakan jenis gear hi dengan normal. perbedaannya adalah diameter gear "bagian as wheel" hi yang relatif lebih kecil daripada gear normal. Gear normal merupakan gear bawaan box yang memiliki torsi dan rpm normal. biasanya berwarna Oranye,namun ada juga yang berwarna putih atau merah. Gear Low Ratio merupakan jenis gear yang akan membuat kekuatan putaran/kekuatan dorong cg-mu menjadi lebih besar seingga cocok untuk setingan dash. Hanya saja gear ini akan membuat rpm wheel mu relatif lebih kecil daripada saat menggunakan gear normal/hi. Untuk gear HI dan LOW ratio dapat diperoleh dari HI-SPEC Set keluaran Bandai, namun sepengethuan saya ada gear low ratio bukan keluaran bandai dengan colorcode Green (info yang perlu diteliti lagi). Perbedaan dengan gear normal selain warna, adalah diameter gear "bagian as wheel" low ratio yang relatif lebih besar daripada gear normal. kesimpulannya: TORSI: HI ratio <  Normal < low ratio.   RPM: LOW Ratio < Normal < HI Ratio.


Q: Ada berapakah jenis Chassis Crush Gear dan apa keunggulan masing" chassis tersebut?
A: Ada 6 yaitu:
   - V1 : Chassis awal mula cg diproduksi dgn 1 lubang baut di batterybox sehingga ga usah pusing" mikir mau setting spin ato dash. bagian rear chassis ga universal sehingga tidak semua jenis rear bumper/rear weapon dapat dipasang di chassis. hanya rear bumper khusus V1 yang dapat dipasang. 
   -VT : a.k.a Variable Transmuting merupakan perkembangan dari chassis V1 yang mana terdapat 4 lubang di batterybox sehingga kita dapat mensetting cg kita sesuai dengan keinginan. lubang pertama dari depan untuk spin, kedua utk normal, ketiga semi-dash, dan yg keempat full-dash. tidak seperti V1, rear chassis VT universal sehingga rear bumper dan rear weapon apa saja(kecuali rear bumper V1) dapat di attached di chassis ini, termasuk IOD.
  -MVT/N : lebih canggih dari VT dimana baterry box dapat disetting/digeser tanpa harus melepas baut. terdiri dari 4 bagian, bagian utama chassis, battery box, cover dinamo, dan cover gearset. jadi dgn chassis ini jika ingin melepas dinamo, cukup membuka dinamo cover saja. atau ingin mengecek gearset cukup dgn melepas wheel dan gearset cover. dapat diperoleh dari cg: Wild Haken, Gallop Horn, Breakdeath Schyte, dan Geo Scorpio. chassis ini juga pernah diproduksi dalam bentuk part Aftermarket  berwarna Putih.
  -MVT/D : chassis special dengan tinggi dari bagian bawah chassis ke bagian teratas chassis lebih rendah kira" 5mm dari jenis chassis lainnya. kita dapat menyebutnya "lebih ceper". hanya saja bagian batterybox tidak dapat divariasikan sperti chassis MVT/N atau VT.terdisi dari 4 bagian chassis sepertihalnya MVT/N. cocok untuk settingan dash. dapat diperoleh dari CG: Mega Dash Striker, Hidlander, Ark Cavalier, dan Rushing Edge.
  -MVT/S : Chassis special dengan lubang wheel bagian belakang lebih tinggi dari lubang wheel bagian depan sehingga memungkinkan chassis tetap sejajar ground saat penggunaan wheel spin yang diameter besar dibelakang. karena hal tersebut, penggunaan wheel diameter normal tidak disarankan ditaruh di belakang karena wheelny tidak akan menyentuh ground. MVT/S juga terdiri dari 4 bagian chassis. cocok untuk settingan spin. Chassis ini dapat diperoleh dari CG : Mega Spin Lefter, Vort Granade, Beat Impulse, dan Senki Gai-Oh.
  -ZVT/N/S : Chassis termutakhir dengan spec gabungan dari MVT/N dan MVT/S yang mana kita dapat mensetting chassis ini kedalam mode normal dengan memakai normal cover dan switch pin to Normal(N) atau mode spin dengan memakai spin cover dan switchpin to spin(S). dapat diperoleh dari semua CG seri Nitro.

Q: custom wheel yg bagus apaan ya?
A: tergantung kebutuhan setting cg mu. apakah spin, dash, atau campuran. berikut datanya :
Custom Wheel Data
Thunder Wheel: Attack= 3; Customize= 1; Dash= 3; Defend= 1; Stability= 3; Spin= 1
weight Adjust Wheel: Attack= 2; Customize= 3; Dash= 2; Defend= 2; Stability= 3; Spin= 2
Assault Wheel: Attack= 2; Customize= 3; Dash= 2; Defend= 2; Stability= 2; Spin= 2
Fire Wheel: Attack= 3; Customize= 3; Dash= 2; Defend= 1; Stability= 2; Spin= 2
Beetle Dash Wheel: Attack= 2; Customize= 1; Dash= 3; Defend= 2; Stability= 3; Spin= 1
Dragon Dash Wheel: Attack= 2; Customize= 2; Dash= 3; Defend= 2; Stability= 2; Spin= 1
Armored Wheel: Attack= 2; Customize= 2; Dash= 1; Defend= 3; Stability= 2; Spin= 3
Shark Wheel: Attack= 3; Customize= 2; Dash= 1; Defend= 1; Stability= 1; Spin= 3
Kraken Wheel: Attack= 2; Customize= 2; Dash= 1; Defend= 2; Stability= 1; Spin= 3
AirBlast Wheel: Attack= 2; Customize= 2; Dash= 2; Defend= 2; Stability= 3; Spin= 1
Lion Wheel: Attack= 2; Customize= 3; Dash= 1; Defend= 2; Stability= 3; Spin= 1
Hi-Dash=?
Hi-Spin=?
Hi-spec=?
gambar: https://www.facebook.com/media/set/?set=oa.266422390174171&type=1

sumber: Gear Fighter Indonesia (facebook)

1 comment:

  1. bagus sekali info nya penuh manfaat dan sangat mudah di cerna

    ReplyDelete

Pada "Comment as:" kamu bisa pilih Anonymous atau Name/URL ;)