Feb 2, 2015

Knalpot Racing ABENK Pro Racing Exhaust Jogja

gambar lengkap, baca selengkapnya.. (dibawah)
nah, kali ini yang akan saya bahas adalah knalpot
besutan dari ABENK Pro Racing Exhaust. Dukun atau bengkel knalpot yang sudah lama berdiri ini menjadi pilihan saya untuk mempercayakan knalpot yang akan saya tanam dalam Kawasaki Athlete 125 / AX125. Terletak di kawasan Stadion Maguwo daerah Yogyakarta (lokasi tepat di Jalan Utara Stadion), bengkel yang cukup sederhana itu berdiri serta memberi tawaran pembuatan beragam jenis, bentuk, serta model knalpot yang diinginkan oleh pelanggan yang datang. Mau suaranya empuk? bulet? ouval? alus? ya, hampir semuanya bisa dibuat. Saya sendiri menjatuhkan pilihan kepada Abenk karena rekomendasi dari beberapa teman dan mekanik yang menseting motor saya.

penampakan knalpot terpasang
posisi ciamik
Hari kamis sore (29/1), menjadi awal saya untuk melangkahkan kaki ke bengkel. Saya pikir pembuatan knalpot akan memakan waktu yang cukup lama, ternyata hanya membutuhkan waktu hingga senin siang, itupun karena ada banyak antrean yang menunggu untuk diperiksa maupun dibuat. Terhitung cukup cepat menurut saya. Dan yang sangat saya senangi utamanya adalah posisi dan presisinya yang mengambil ruang dan celah sangat apik. Bagaimana tidak, posisi pipa benar benar berada dibawah mesin, sangat berbeda dengan knalpot hasil pabrikan yang terkadang meletakkan pipa jauh dibawahnya (yang pernah saya coba).

kenampakan pipa pada celah asik
dilihat dari performanya, sejauh ini saya belum menjajal untuk rpm atas. namun, dari segi rpm bawah sudah terasa bagaimana knalpot ini membantu akselerasi bekerja lebih maksimal. ingat, knalpot racing berguna tidak hanya sebagai hiasan motor semata, namun juga sebagai pendukung kemampuan mesin di motor. dikemudian hari akan saya bahas lagi untuk hasil percobaannya.

leher nyambung ke mesin

untuk suaranya sendiri, saya melihat sangat senang. saya yang tidak terlalu berharap mantab, malah melebihi apa yang saya kira. suaranya empuk sekali, dan terdengar elok untuk saat ini. namun bagi sebagian orang pasti juga akan mendapati ketidak sukaan terhadap suara yang memiliki bass ahoy seperti ini. saya rasa untuk kekuarangan dan kelebihan knalpot racing harus kita pahami sebelum benar benar mengambil keputusan untuk memilih knalpot racing.

knalpot abenk

memakai knalpot racing tidak sepenuhnya negatif. malah akan membuat diri sendiri menjadi lebih paham dan mengerti serta menghargai orang lain pada setiap gigi yang kita ambil. sama seperti hidup, semakin orang memiliki pengetahuan, maka dia akan diam. semakin orang tidak memiliki pengetahuan, maka dia akan belajar agar memilikinya juga. niat!



bersambung..





2 comments:

Pada "Comment as:" kamu bisa pilih Anonymous atau Name/URL ;)