Otak Atik Crush Gear |
gambar dahulu, baru keterangan
silakan..
============================================
V1
Adalah chassis generasi pertama yg digunakan Bandai untuk setiap gear keluaran tahun 2002 awal. Chassis V1 tidak dilengkap lubang untuk perubahan battery box sehingga tidak dimungkinkan untuk setingan dash ataupun spin. Namun Bandai sudah memperhitungkan dengan matang posisi battery box sehingga gear dengan V1 bisa handal dalam Dash maupun Spin.
======================================================
VT (Variable Transmutting)
Adalah chassis pengembangan lanjutan dari chassis V1 dan sudah dilengkapi 4 buah mounting hole untuk merubah posisi battery box dalam 4 posisi berbeda
- FM Front Mount : berat gear akan tertuju kedepan sehingga gear akan melaju lurus kedepan sekalipun spin tapi hanya tertumpu dibagian depan gear
- FMM Front Mid Mount : berat gear akan tertumpu ditengah gear sehingga gear akan lebih stabil dan sulit untuk spin skalipun spin hanya membuat putaran pelan ditengah pusat gear
- MM Mid Mount : berat gear akan bener2 terpusat di tengah2 gear jadi gear bisa melaju lurus dan spin sama bagusnya. Dalam spin gear akan berputar hanya di titik pusat gear
- RM Rear Mount : berat gear akan berpindah ke bagian belakang dan akan meningkatkan kemampuan spin nya dan akan bertumpu pada bagian depan gear
=========================================================
MVT (Multi Variable Transmutting)
Adalah chassis pengembangan lanjutan dari VT yg kurang praktis dalam segi penyettingan untuk tahap lebih lanjut ( masih harus membuka cover body, tutup battery box dan mengubah posisi mounting screw untuk mengubah posisi stage battery box). Dengan adanya chassis MVT penyetingan jadi jauh lebih praktis cukup dengan men slide cover body tanpa buka dan seting apapun (kecuali MVT/D)
MVT/N balance antara Dash dan Spin
=============================================
MVT/D khusus Dash dan tidak bisa dirubah posisi battery box nya (battery box menyatu dengan gearbox) sehingga lebih ringan dan lebih ceper
=============================================
MVT/S khusus Spin posisi as belakang lebih tinggi 5mm sehingga bisa mengaplikasikan wheel Spin diameter 30mm,33mm dan 35mm tanpa harus menukik kedepan
=============================================
ZVT khusus Nitro lebih ringan, futuristik dan design yg compact bisa dikonversikan dari type N (Normal) ke type S (Spin) untuk pengaplikasian wheel belakang yg lebih besar (konverter dan cover gear box S tersedia dalem paket standar box nya)
ZVT chassis adalah pengembangan dan penyempurnaan chassis dari V1, VT, MVT/N/D/S. Atau lebih tepatnya adalah chassis seri terakhir untuk crush gear produksi Bandai. Setiap CG Nitro dibekali chassis ZVT ini seperti bisa kita liat nanti dibeberapa gambar dibawah chassis ini sangat futuristik dari segi desain gearbox, battery box, cover battery box, side cover gearbox semuanya terlihat fresh dengan desain HEXagonal (sarang lebah).
Sampai saat inipun saya belum tau pasti apa fungsi lubang Hexagonal di bawah gearbox dan diatas battery box, mungkin sebagai lubang ventilasi sehingga panas dinamo dan battery bisa terbuang secara efisien dan cepat menghindari overheat. Mungkin juga guna mengurangi bobot chassis secara keseluruhan.
Secara Overall Chassis ini sangat perfect karena segi desain futuristik yg fungsional dan dalam paket MIB nya juga sudah dilengkapi CONVERTER dan side cover gearbox type S(untuk pengaplikasian SPIN wheel) jadi kita bisa mengubah type nitro kita dari N ke Sdengan sangat mudah.
bersambung..
sumber: Gear Fighter Indonesia (facebook)
ijin share gan
ReplyDeleteBody dari raging bull bisa di Pasang ke ZVT chassis gk?
ReplyDeletethank you for the information. i enjoy ur blog
ReplyDelete