Apr 9, 2015

Crush Gear IOD System

IOD system dalam Crush Gear Nitro
Sistem IOD pertama kali dikembangkan oleh Ginjirou Fujiwara untuk saudaranya, Kinichiro untuk digunakan pada gear nya. Selama kompetisi Pertempuran Gear, kekuatan perangkat itu dianggap terlalu besar untuk Kinichiro untuk menangani dan itu diperparah dengan Nitro nya. Pada malam di mana tempat saudara Fujiwara 'dibakar, ia sangat ingin mengambil perangkat meskipun Ginjirou mencoba untuk menghentikannya. Kinichiro bekas luka telapak tangannya sendiri ketika mencoba untuk mengambil sistem IOD karena menjadi panas selama api.


Beberapa waktu kemudian, sistem IOD dikembangkan oleh Laboratorium Sanama. Dalam episode sebelumnya Crush gear Nitro, Raja Schwarz, Wingraptor dan Iron Wolf Gears yang dilengkapi dengan perangkat. Sistem IOD akhirnya dipasarkan untuk umum dan paling Gears memiliki perangkat yang terpasang.

IOD (Intermittent Operating Device)
Adalah sebuah alat yang terpasang dibagian belakang chassis ZVT yg fungsinya dapat mengubah pola dan arah laju dari gear. Bergerak berdasarkan putaran poros as roda belakang gear yg memutar bagian dalam IOD dan IOD DISC sehingga mendorong pelatuk yg akhirnya menggerakan ARM dibagian sisi roda belakang gear.

IOD-R (right)

IOD-L (left)

Single Unit IODmemiliki sebuah arm yg terletak di satu sisi gear saja baik LEFT (Kiri) maupun RIGHT(Kanan) jadi pola gerak gear akan terpengaruh pada posisi letak arm tersebut.

IOD-W / double
Double Unit IODmemiliki sepasang arm yg terletak di kedua sisi roda belakang gear sehingga meningkatkan kemampuan gear saat kedua arm bergerak bergantian.



IOD DISC
Sebuah alat pemicu gerakan IOD mengindikasikan berapa banyak gerakan dalam satu putaran disc ada yg 
Single Unit : S1 Single turn, D1 Double turn dan T1 Triple turn
Double Unit : W1 Left, W2 Right dan D2 Left Right

ARM
sebuah lengan yg terletak diantara chassis dan roda belakang gear yg terhubung dengan mekanisme gerak IOD. Arm akan bergerak sesuai putaran IOD Disc yg mendorong pelatuk sehingga arm akan bergerak menekan kebawah sehingga gear dapat turn ke arah yg sesuai IOD nya. 








bersambung...

sumber: Gear Fighter Indonesia (facebook)

No comments:

Post a Comment

Pada "Comment as:" kamu bisa pilih Anonymous atau Name/URL ;)