Feb 1, 2015

Portal Akademika UGM ac id Berubah


entah bagaimana saya harus menanggapinya,
harus kecewa atau sedih dan terlebih bahagia atau gembira. portal UGM yang dapat diakses melalui tampilan seperti diatas (dahulunya) dengan beralamatkan http://akademika.ugm.ac.id kini telah berubah menjadi berikut ini tampilannya apabila diakses menggunakan link akademika:


ya, perubahan ini dimaksudkan untuk membawa UGM ke tingkat yang lebih baik bukan hanya dari segi pelayanan secara langsung, namun juga merambah dunia maya sebagai penunjang aktivitas mahasiswa sebagiannya. selain itu perubahan ini dimaksudkan juga agar ada perubahan dan pembaharuan yang menyeluruh, itu bila dipandang dari segi kegembiraan ataupun kesenangan dan berikut tampilan akses baru yang dapat diakses dengan link https://palawa.ugm.ac.id.


sekarang saya melihat dari sisi negatifnya, apakah perubahan ini sudah menyeluruh sangat baik, baik, cukup, atau malah memprihatinkan. ya, saya rasa cakupan semuanya menjangkau dan mewakili perasaan saya. yang pertama adalah, kurangnya proses sosialisasi. jujur saja, saya merasa terkejut karena terjadi perubahan ini. dalam rangka atau masih dalam hari yang libur ini menjadi gamang ketika disuguhkan hal yang baru tanpa ada pemberitahuan. bahkan ketika memasuki halamannya, untuk loginpun saya rasa untuk saat ini sangat bagus pada portal lama, karena apa? sebagian komputer/laptop/ponsel pintar pada tampilan login tidak dapat menyimpan username bahkan sandi yang memungkinkan untuk remember password. tentunya ini mengganggu dan sangat berimbas mungkin pada tingkat kewaspadaan.

pada aspek yang kedua adalah, tampilan setelah log-in. pada halaman baru sangat menyenangkan baik tampilan maupun akses yang dimilikinya, Tapi yang perlu diperhatikan adalah, semakin banyak opsi yang ditampilkan dan bahkan sub-label yang berada pada main-bar, bagi sebagian orang akan membuatnya bingung apabila tidak terbiasa, "maka biasakanlah!" mohon maaf, kalimat perintah tersebut akan mengganggu nilai dan waktu yang telah disusun untuk mempersiapkan langkah selanjutnya. umumnya mahasiswa menginginkan hal yang sangat sederhana, cepat dalam hal akses, tidak berbelit, dan mudah dioprasikan walaupun ada mahasiswa yang juga tidak peduli akan hal tersebut.

yang ketiga adalah, pada tampilan baru mengharuskan mengisi survey. inilah yang paling banyak ditanyakan oleh sebagian mahasiswa UGM pada saat ini. "Iki survey opo maneh to?" "welah, UGM apik ning kok tambah mbulet" "kemaren nilaiku padahal sebagian udah pada keluar, kok disini harus ngisi survey lagi?" ya, setidaknya itulah sebagian kecil yang saya tangkap dari beberapa kawan dan mahasiswa yang mengenyam pendidikan disini. "atau jangan - jangan sudah kehabisan cara menghabiskan dana kali ya.." inilah komen yang paling asoy menurut saya setelah kebijakan pembuatan taman dan gedung yang tidak lagi saya ingin mengikuti perkembangannya. sungguh, saya berharap yang terbaik pada Universitas yang saya dapat ambil ilmunya bukan hanya dari segi formal, namun juga dari tanggapan kawan, pendapan kawan, dan diskusi yang sering diadakan dan diupayakan.

(niko, FF)

2 comments:

Pada "Comment as:" kamu bisa pilih Anonymous atau Name/URL ;)