May 13, 2013

Destinasi Idea


Berangkat dari kategorisasi ini, saya juga akan mengupas 7 puncak tertinggi di Indonesia yang kiranya bisa menjadi tempat rekreasi maupun menambah pengetahuan seputar gunung-gunung tinggi di Indonesia.

Nama 7 Puncak Tertinggi di Indonesia


Puncak Ndugu-dugu/Cartensz Pyramid (Papua)
Seorang teman sempat mengabari saya lewat jejaring sosial bahwa dia pernah menapakkan kakinya di Puncak Ndugu-dugu atau Cartenz Pyramid di Papua. Menurut dia mencapai puncak Ndugu-dugu merupakan 1 pengalaman menarik dan harus dibagi ke masyarakat mengenai keindahan alam di Indonesia. 
Puncak Ndugu-dugu sendiri merupakan puncak tertinggi di Indonesia dan Oseania. Dia memiliki ketinggian 4844 Mdpl dan bertipikal gunung kars. Puncak Ndugu-dugu pertama kali diketahui keberadaannya ketika seorang berkewarganegaraan Belanda, J Cartensz mengabarkan bahwa Indonesia memiliki daerah bersalju di wilayah timurnya. Awalnya, kabar ini tidak ditanggapi serius sampai seorang naturalis ahli botani dan zoologi asal Inggris, A F R Wollaston berhasil mencapai hidung glasier di sisi Selatan Carstensz. Wollaston menghabiskan waktu sekitar 92 melalui jalur selatan Cartensz pada tahun 1913.
Pendakian pertama menuju puncak Ndugu-dugu pertama kali dilakukan oleh tim yang beranggotakan H Herrer (Austria), A Huzenga (Belanda) dan R Kippax (Australia). Mereka melalui jalur utara pada 1962 dan orang Indonesia pertama yang mampu mencapai puncak Ndugu-dugu adalah E Wurjantoro pada 1973.
Ketika itu Wurjantoro mendaki bersama tim yang beranggotakan B Carson dari Amerika Serikat. Sementara kesuksesan pendakian melalui jalur selatan baru dimulai ketika P Boardman dan Hilarry Collins (Inggris) pada 1978. Semenjak itu Hilarry tercatat sebagai wanita pertama yang berhasil mencapai puncak Ndugu-dugu.

Gunung Binaiya (Maluku Tengah)
Gunung Binaiya adalah gunung tertinggi yang berada di Kepaluan Maluku. Binaiya memiliki ketinggian 3027 Mdpl dan terletak di taman Nasional Manusela. Dia mampu ditempuh melalui kota Ambon dan dilanjutkan melalui jalur darat ke Pelabuhan Tulehu. Dari Tulehu, perjalanan akan dilanjutkan dengan menyeberang selat menggunakan kapal menuju Pulau Seram dan singgah di Pelabuhan Wahai.Dari Wahai, perjalanan pendaki akan menuju desa Kanikeh yang memakan waktu sekitar 6 jam. Kanikeh merupakan desa terakhir sebelum menuju puncak Gunung Binaiya.

Pegunung Latimojong (Sulawesi)
gambar diambil dinulkabuttekpala.blogspot.com
Latimojong merupakan pegunung yang berada di Pulau Sulawesi. Latimojong sendiri terletak di Kabupaten Enrekang Provinsi Sulawesi Selatan. Dia memiliki 3 puncak yang menjulur dari Barat ke Timur sementara 6 puncak lainnya dari utara ke selatan. Dari 9 puncak itu, buntu Rante Mario merupakan puncak tertinggi dengan ketinggian 3478 mdpl. Sementara puncak yang melintang di wilayah barat hingga timur seperti Buntu Pantealoan memiliki ketinggian 2.500 mdpl dan Buntu Pokapinjang di 2.970. Puncak di selatan dan utara meliputi Buntu Sinaji memiliki ketinggian 2.430 mdpl, Buntu Sikolong 2.754, Buntu Rante Kambola 3.083, Buntu Nenemori 3.097, Buntu Bajaja 2.700 dan Buntu Latimojong 2.800.
Jalur menuju Pegunungan Latimojong dapat ditempuh dengan menggunakan tranportasi darat dari Makasar dilanjutkan ke Kecamatan Baraka dengan bus. Mengingat rute ini sering dipakai pendaki dikarenakan kemudahan akses dan minimnya biaya. Dalam perjalanan ke Pegunungan Latimojong, pendaki akan disuguhkan beberapa objek wisata alam seperti Tebing alam di Tontonan yang sering dijadikan tempat rockclimbing dan beberapa kuburan kuno yang berada di tebingnya.

Gunung Rinjani 3.726 mdpl (Lombok, NTB)
Saya terkejut ketika kenalan saya memberi nama anaknya dengan kata “Rinjani”. Menurutnya, Rinjani sendiri diambil dari nama gunung di Pulau Lombok, NTB. Dia rasa Rinjani merupakan nama yang tepat untuk menggambarkan keindahan dan kecantikan anak perempuannya. 
Gunung Rinjani adalah gunung dengan tipografi landai yang menyajikan keindahan fenomena alam seperti danau Segara Anak dan Gunung Barujari di sisi timurnya. Rinjani terletak di Taman Nasional Gunung Rinjani dan memiliki luas sekitar 76.000 ha. Dia dapat di tempuh melalui dua jalur yakni melewati Desa Senaru dan Sembalun. Menurut beberapa referensi yang didapat, Rinjani merupakan salah satu gunung yang memiliki wisata alam yang sangat indah. Dia juga kerap didaki oleh ratusan pendaki di bulan Juni-Agustus.
Selain Segara Anak dan Panorama Puncak Gunung Rinjani yang luar biasa, pendaki juga akan disuguhkan pemandangan padang savana yang sangat luas dan Gua Susu yang cantik. Dibutuhkan waktu sekitar 3 hari untuk mencapai Puncak Rinjani.

Gunung Semeru 3676 Mdpl (Jawa) 
Gunung Semeru merupakan gunung tertinggi di pulau Jawa. Semeru terletak di 2 Kabupaten yakni Malang dan Lumajang, Jawa Timur. Mendaki Semeru dibutuhkan waktu sekitar 4 hari. Perjalanan pun dapat dimulai melalui jalur Ranupani dan akan melintasi 2 danau yakni Ranupani dan Ranu Regulo. 
Sebelum mendaki, pengunjung juga dapat beristirahat maupun beberbelanja perlengkapan pendakian mengingat terdapat beberapa warung yang menyediakan perlengkapan pendakian. 
Selain Ranupani dan Ranu Regulo, Semeru juga memiliki danau dengan pemandangan yang sangat indah, Ranu Kumbolo. Dia terletak di ketinggian 2.400 m dengan luas 14 ha. Di Ranu Kumbolo juga terdapat ikan yang dapat dipancing. Pendaki juga kerap menjadikan Ranu Kumbolo sebagai tempat berkemah.
Puncak Semeru dinamakan Mahameru (3676 Mdpl). Dia dapat ditempuh dari beberapa jalur namun pendaki dilarang melewati jalur selatan dan mendekati kawah Jonggring Saloko. Hal ini dikarenakan adanya gas beracun atau sering disebut wedus gembel yang keluar setiap 15 menit sekali dari kawah Mahameru. Seorang aktivis Soe Hok Gie pun menjadi korban dari luapan wedus gembel than 1969.

Bukit Raya (Kalimantan) 
Bukit Raya pada dasarnya merupakan kawasan hutan lindung yang terletak di dua wilayah yakni Propinsi Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah. Sementara gunung Bukit Raya sendiri terletak di Katingan, Kalimantan Tengah dengan ketinggian 2278 Mdpl. Ada beberapa catatan yang harus dietahui bahwa Bukit Raya, bukanlah puncak tertinggi yang ada di pulau Kalimantan. Sejauh ini puncak tertinggi Kalimantan dipegang Gunung Kinabalu di Malaysia.

Gunung Kerinci (Sumatra)
Gunung Kerinci merupakan gunung berapi tertinggi yang ada di Indonesia. Kerinci memiliki ketinggian 3800 mdpl dan terletak di dua kabupaten yakni, Kerinci dan Sulak Deras Provinsi Jambi. Gunung Kerinci sendiri masuk dalam wilayah Pegunungan Bukit Barisan dan Taman Nasional Kerinci Seblat. Dia dapat didaki melalui jalur kota Jambi, Padang bahkan dari jalur Lintas Sumatera, Muara Bungo.
Gunung Kerinci memiliki mitos yang kini sedang dalam pembuktian beberapa peneliti dalam maupun luar negeri. Yaitu mengenai keberadaan manusia kerdil seukuran anak kecil yang disebut masyarakat sekitar dengan sebutan Orang Kerinci. Konon, keberadaan Orang Kerinci sulit terdeteksi mengingat dia memiliki mobilitas yang sangat tinggi dan dapat berlari dengan cepat. 
Ada beberapa tempat menarik yang harus dikunjungi sewaktu mendaki Kerinci. Diantaranya Keindahan Danau Belibis, Kerinci dan mencicipi Teh di Kersik Tuo.

2 comments:

  1. senang bisa berkunjung ke blog anda gan
    keren dan bermanfaat sekali info nya
    terimakasih, sukses terus

    ReplyDelete
  2. artikelnya menarik
    senang membacanya serta menambah wawasan
    terimakasih banyak,sukses terus

    ReplyDelete

Pada "Comment as:" kamu bisa pilih Anonymous atau Name/URL ;)