Jun 8, 2013

Tips Cegah Mabuk Perjalanan, bagian 1




Mabuk di perjalanan itu bisa terjadi,
apapun jenis tranportasinya, baik pesawat, kereta, mobil, bus atau kapal laut.
Ada beberapa Penyebab mabuk kendaraan

Mabuk perjalanan atau motion sickness terjadi jika sistem vestibular (pusat keseimbangan di telinga bagian dalam) terganggu. Terganggunya pusat keseimbangan di telinga bagian dalam ini akan merangsang produksi zat histamin yang akan merangsang otak sehingga menimbulkan reaksi mual dan muntah. Misalnya ketika berada dalam perjalanan, posisi duduk tidak pernah seimbang. Atau sedang membaca di dalam kendaraan yang sedang melaju.

Motion sickness juga dapat terjadi apabila otak menerima rangsang yang tidak seimbang antara kesan dari sistem optik (organ mata) terhadap suatu gerakan dengan kesan dari sistem vestibular pada telinga bagian dalam

Dapat terjadi juga karena sugesti / mind set yang salah, naik kendaraan pasti mabuk

Tips untuk menghindari mabuk,
Pilih tempat yang paling sedikit goncangan nya, namun cara ini tidak selalu berhasil karena kita terkadang tidak bisa memilih tempat yang kita inginkan

Tidak makan makanan yang dapat menimbulkan mual, makanan yang mengandung bahan kimia, terlalu manis, ataupun yang dapat menyebabkan kembung. Namun perut tidak boleh kosong, karena perut yang kosong akan menghasilkan gas berlebih di lambung

Tidur, jika tidak bisa tidur kamu bisa mengkonsumsi obat anti mabuk, namun ini hanyalah pilihan terakhir, jika kamu sudah yakin keadaan memang benar-benar aman, karena jika kamu naik kendaraan umum, jika tertidur kamu akan rentan jadi sasaran kejahatan.

Jaga kondisi badan, jika kamu ingin berpergian lebih baik kamu tidur yang cukup di hari sebelumnya. Karena kurang tidur dapat menyebabkan fisik lemah, dan membuat kita rentan terhadap guncangan. Sehingga mudah mabuk dalam perjalanan.

Ada sebuah pemikiran yang salah, yaitu sengaja kurang tidur sebelum melakukan perjalanan, dengan tujuan agar dapat tertidur pulas di kendaraan. Hal ini sangatlah tidak tepat. Karena ketika kamu kurang tidur, badan kamu menjadi lemah, sehingga mudah sakit, selain itu kurang tidur menggurangi kosentrasi.

Trick, 
Untuk mengatasi mabuk dan mual perjalanan. Kamu bisa membawa permen jahe, ataupun obat yang mengandung jahe, seperti antangin, tolak angin, atau kamu juga dapat membuat air jahe, namun cara ini kurang praktis.

Sugesti yang baik, bagi kamu yang sudah terprogram mempunyai sugesti mabuk jika berkendara. Kamu bisa melakukan sugesti-sugesti yang baik, dengan berkata dengan diri sendiri “aku akan baik-baik saja, perjalanan lancar, segalanya akan berjalan baik”
jangan berkata “aku tidak akan mual / pusing” karena hal itu malah mengingatkan diri kita, bahwa kita sebenarnya suka mabuk perjalanan.
Ulanglah selalu Kalimat-kalimat yang baik beberapa kali. Sehingga kamu benar-benar menyakini bahwa kamu akan baik-baik saja.

Lalu saya punya trick yang agak nyeleneh, dulu pembantu teman saya memberi sebuah tips yang aneh, katanya untuk mencegah mabuk perjalanan adalah dengan cara pusernya diberi handyplast sehingga lubangnya tidak terlihat lagi. 

Aneh bukan ? percaya gak percaya?
Tapi tidak ada salahnya mencoba bukan? Toh tidak ada yang tahu juga jika kamu melakukan hal ini. Saya pun pernah mencoba dan hasilnya aneh bin ajaib, luar biasa, tidak mabuk sepanjang perjalanan.
belum ada penjelasan ilmiah mengenai hal ini, tapi ada kemugkinan besar karena menutup pusar mempengaruhi sugesti kita.
  

No comments:

Post a Comment

Pada "Comment as:" kamu bisa pilih Anonymous atau Name/URL ;)