May 16, 2015

Sudahkah Berada Dalam Gelap

punggungan..

aku tidak mengerti seberapa dalam gelap dan seberapa jauh gelap, tapi angin ini memberitahu bahwa seberapa pekat udara yang ada di dalam.

secepat apapun berlalu, tidak akan pernah muncul kisah yang sama seperti yang kita kira. dunia ini tidaklah sempit seperti apa yang orang pernah katakan. betapa luas setiap bagian dan banyak tempat yang terlalu sia-sia. gelap menunjukkan sisi yang tidak melulu jahat, buruk, jelek, kumuh, atau apapun yang terkadang tidak kita bayangkan. namun, percayakah kamu jikalau gelap terkadang mampu memberimu perbedaan antara terang dan gelap? ya, ada beberapa sifat yang seharusnya tidak membutakan mata kita terhadap gelap. 

aku juga tidak terlalu paham kata sifat pada dasar maaf yang membentuk berbagai kata dalam antaranya pemaaf, memaafkan, dimaafkan, dan sebagainya. apakah gelap mampu menjadikan seseorang sebagai bagian dari sifat? nampaknya tidak. aku tidak tahu seberapa besar kesalahan yang telah diperbuat, sampai sampai air yang dahulu kulihat dan kudengar terasa nyaman mengalir dalam setiap ingat dan susunan nafas pada telinga, kini sudah berubah. 

rasanya tiada aku tahu apapun, dan kaupun dingin tak bersahabat. bahkan dalam setiap ucap yang tak lagi kau anggap. sudahkah aku berada dalam gelap? gelap terdalam dan terjauh yang tak pernah bisa kau dengar lagi, walaupun suaraku dihantarkan udara dan dihembuskan angin? entahlah aku tidak tahu apa yang kau dengar dari mereka hingga aku teringat kembali kapan kau kemari, makanan terakhir yang kulihat. 

ya, gelap setidaknya memang memberiku cara bagaimana melihat terang, bagaimana caraku melihat siapa mereka, dan gelaplah yang pernah mengangkatku untuk bertemu denganmu. meski seringkali tidak menyangka, pertanyaan itu berlalu seiring gelap yang kini tak lagi menggelapkanku. dan yang sangat pasti sekarang, aku merindukanmu melebihi orang yang pernah dekat padaku, kini, nanti, atau lain waktu. 

gelap tidak pernah lebih lama saat terang mulai mendera.


dalam mobil menuju yogya,
14 mei 15, dini hari..

No comments:

Post a Comment

Pada "Comment as:" kamu bisa pilih Anonymous atau Name/URL ;)