Jul 5, 2015

Bila Ada Ejekan Cino

ilustrasi


Senang kalau punya teman orang cina tapi
tetap menghargai jawanya seseorang dan mampu membaur dimanapun bumi dipijak, dalam bahasa jawa 'Njawani'. Sedih kalau punya teman orang jawa tapi 'ya gitu deh' gitulahya.. saya rasa bukan masalah ras lagi, tapi tingkat kesadaran diri, pola pikir, serta niat yang bisa menyatukan.. teman saya seorang keturunan tionghoa saat ditanya marahkah bila diejekin cino, sambut dia malah "Rasanya ya koyok ada sing kurang kalok belom diejek cino.." spontan dia ketawa lantas langsung saya ejek "woo Cino" dan bareng-bareng ketawa, dia ejek saya, saya juga malah ketawa. Keberagaman itu indah jika kita meletakkan rasa penasaran akan sesuatu yang belum kita ketahui.


"Kadang orang yang banyak tahu, memilih caranya sendiri untuk menghargai" - niko. 

Tapi dosen saya pernah berkata, "Daripada hanya jadi sampah dalam pikirian lalu hilang, bukankah lebih baik disalurkan dengan menulis? dan saya jamin saat kalian sudah tahu diri kalian, maka bacalah tulisan tadi, pasti timbul emosi, entah ketawa sedih dsb. Kalau belum, berarti belum paham diri sendiri.."

No comments:

Post a Comment

Pada "Comment as:" kamu bisa pilih Anonymous atau Name/URL ;)