May 11, 2015

Filsafat Perennial : Giovani Pico della Miradola

Giovani Pico della Miradola
Giovani Pico della Miradola (1463-1494) mengatakan bahwa kesejatian tidak muncul pada tradisi filsafat, teologi maupun keilmuan tertentu saja, melainkan semuanya memiliki sesuatu yang dapat di konstribusikan pada kesejatian yang utuh.
Dari sini dapat dilihat bahwa Pico tidaklah mengambil sumbernya pada suatu ajarn tertentu ataupun beberapa di antaranya, melainkan mengambilnya dari sumber yang sangat luas, baik dalam jumlah maupun ragamnya.

Pandangan ini tentunya sangat berbeda dengan Ficino yang mengarahkan brbagai ragam tradisi filsafat pada filsafat Plato dan agama Kristen. Kesejatian menurut Pico tidak hanya berasal dari dua sumber saja, melainkan bersala dari berbagai sumber. Prisca theologia versi Pico tidak memiliki sumber ambilan khusus. Aspek-aspek kesejatian tersebut dapat juga ditemukan dalam tulisan-tulisan Ibnu Rusyd, Al-Qur’an, tradisi kaballa dan lain-lain. Pandangan Pico mempunyai tendensi sinkretisme dan eklektik yang sangat tinggi, yang kemudian semakin populer dan menyebar pada abad XVI .

No comments:

Post a Comment

Pada "Comment as:" kamu bisa pilih Anonymous atau Name/URL ;)