May 13, 2015

Filsafat Perennial : Ananda K. Coomaraswamy

Ananda K. Coomaraswamy
Ananda K. Coomaraswamy, dilahirkan di Cylon tahun 1877 dari seorang ibu keturunan Inggris dan ayah Hindu. Ia mendapat pendidika di Inggris dan lulus dari Uneversitas London di bidang botani dan geologi.
Ia banyak meneliti makna seni yang sacral dari timur pada umumnya dan seni Hindu dan Budha pada Khususnya, lalu ia tuliskan ke dalam bahasa Inggris untuk konsumsi masyarakat Barat.

Karena hilangnya nilai-nilai tradisional dalam aspek dunia modern, Coomaraswamy melakukan serangan-serangan terhadap filsafat dalam berbagai segi, guna memberikan dasar yang bersih bagi penghadiran metafisika sejati, serta mencegah adanya distorsi atau deviasi akibat kebingungan antara filsafat profan dengan pengetahuan sakral, mencegah hilangnya gnosis dari pemikiran Barat modern akibat penyempitan makna yang dialami oleh filsafat itu sendiri; yakni ketika filsafat mendapatkan unsur-unsur teologinya, dan akhirnya disusul dengan gerakan-gerakan yang menamakan diri sebagai teosofi pada abad yang lalu, namun dalam substansinya lebih merupakan sebuah inverse terhadap pengetahuan tradisional.

Coomaraswamy memahami istilah al-din (ikatan) merupakan ikatan seorang manusia dengan Tuhannya, yang membuat orang terbebas dari ikatan-ikatan atau dominasi oleh sesuatu yang derajatnya lebih rendah dari manusia itu sendiri. Sehingga sesungguhnya istilah al-din tersebut lebih difahami sebagai tradisi dan karakter manusia primordial Hanya kepada Tuhan manusia pantas tunduk, oleh karena manusia adalah sebaik-baiknya ciptaan. Maka ketika manusia mengabdikan diri materi justru akan jatuh derajat kemanusiaannya.

No comments:

Post a Comment

Pada "Comment as:" kamu bisa pilih Anonymous atau Name/URL ;)