Apr 2, 2013

Pindah Hijrah

RENCANA PROGRAM KEGIATAN DAN PEMBELAJARAN SEMESTER (RPKPS)
Pindah dan Hijrah. Kedua hal inilah yang sekarang temen ane lagi jalanin, awi. Dia manusia yang berlogat madura dan asalnya emang dari
madura pulau. Sementara di yogyakarta ini memang sering terjadi pindah dan hijrah, padahal di kedua kata ini punya ikatan yang sama tapi tak sama. Sementara bukan buat ulas perbedaan itu tapi ane melihat sisi kecil tentang hati, tentang bagaimana sebuah perpindahan menjadi awalmula dan menjadi sebuah yang baru. Ane juga merasakan seandainya nanti ane pindah dari kontrakan yang sekarang ini sedang ane tempati, mungkin sama juga repotnya kaya temen ane yang satu ini. Harus cari perlengkapan inilah, itulah, bahkan sampai nanti kehidupan kita bakalan ada dua kata ini, pindah dan hijrah.

Beralih dari awi, mungkin balik lagi ane ngerasa perpindahan ini sesuatu yang mungkin sulit dan enggan buat dilakuin jikalau memang yang lama lebih asik, yang lama lebih enjoy, yang lama lebih indah, yang lama lebih dari yang lebih. Tapi, dibalik itu semua, ane nyebut itu sebagai pola keterbiasaan. Ada pepatah jawa "Tresno Jalaran Soko Kulino", yang artinya cinta berawal dari kebiasaan. Dan itulah yang dari dulu ane percaya bahwa semakin sering seseorang membiasakan dirinya pada benda atau orang lain, maka dari situlah nilai cinta yang sebenarnya ada. Ane memahami pindah dan hijrah mungkin terlalu berat gan, tapi sebenernya enggak keliatan di tulisan ini.

Beberapa orang juga pernah ngalamin yang namanya pindah dan hijrah. Ane yakin gan, sekalipun dia berkata enggak, tapi nggak dipungkiri pasti timeline hidup pastilah terus berjalan. Mudahnya, langsung cek aja umur agan.. Apa selalu stuck di umur yang sama setiap tahun masehinya? Ane rasa enggak. Dan inilah pindah dan hijrah menjadi salah satu alasan seseorang untuk berpaling. Iya, berpaling. Hati akan terus mencari yang lebih baik, yang sesuai kriteria, yang sepaham dengan jalan pikir kita. Tapi bila terus begitu, mau sampai kapan gan ini berlanjut. Bentuklah kebahagiaan, bukan cari dan cari. Ada kutipan yang ane rasa dalem dan ane tahu dari adek angkatan ane, begini "melakukan yang disukai itu adalah kesenangan dan kebahagiaan ada pada menyukai apa yang dilakukan". Coba agan telik lebih manis lagi, ane yakin ada titik kecil yang mungkin ane sendiri juga jelas disiratnya.

Beberapa petualangan tentang pindah dan hijrah sudah sering kali kita denger, tapi pernah nggak sih agan ngerasain pindah hati setelah hijrah? Mungkin gampang kali ya gan buat nemuin krunch di dalemnya, bagai kayu yang kering selampau kering. Sekalinya disentuh ujung jari aka pecah dan hancur. Baiklah, mungkin ini yang menjadi sebuah perbedaan antara nya nya nya..

Bersambung

No comments:

Post a Comment

Pada "Comment as:" kamu bisa pilih Anonymous atau Name/URL ;)