Jun 5, 2018

Saat Matamu Terpejam


Menjalankan
roda besar sangat berat jika kurang tenaga dan gerigi yang memutarnya sebagai tuas kendali dan kemudi. Fungsi saya hanyalah membuat semuanya berjalan sesuai dengan kehendaknya dan tidak melenceng hingga saatnya tiba. Sejauh ini tetap sesuai pada rencana, tidak ada yang miss dan tidak ada yang meleset. Hanya satu orang yang ku percaya dapat memegang yang sedang aku kerjakan saat ini. Memastikan semuanya sesuai memang tidak mudah dan harus benar-benar tekun. Bahkan tak jarang, keringat ataupun darah harus direlakan demi berjalannya roda tersebut. Garis pada telapak kulit yang berada di permukaan memang bisa berubah setiap saat, namun semua yang sudah digariskan juga bisa mengikuti alur yang sudah ditentukan. Melawan semua perasaan, melawan semua yang disukai, semua jauh dari kata sifat dan jauh dari kata kerja.

Setidaknya berada di rumah sakit membuatku sadar bahwa mereka juga memiliki jalan hidup yang tidak mudah untuk dijalani, tentang bagaimana harus bertahan dari hari ke hari, bagaimana mereka tidak memikirkan uang, tentang siapa yang berada di atas dan siapa yang berada di bawah. Ada banyak hal yang sungguh janggal dan tidak bisa diterima oleh akal sehat jika memang seseorang benar – benar merasa dirinya sehat. Hanya bisa diterima bagi yang akalnya sampai, tidak memaksakan untuk mengetahui sekarang mungkin suatu saat pasti paham dan mengerti bagaimana semua itu berjalan. Harus cerita dari mana saja, hendak menuju kepada hal yang tidak berbeda. Semua teori yang pernah dijelaskan dipahami dan diterapkan juga mengalami waktunya masing – masing. Bukankah semua sudah tertulis dalam buku tersebut dan sudah memiliki berbagai untuk membacanya namun tidak berubah makna dan artinya.

Jangan seolah – olah saat pengetahuan dibuka dan ilmu telah diajarkan maka sudah berakhir tugas – tugas yang diberikan. Semakin banyak ilmu dan pengetahuan diterima maka semakin banyak tanggungjawab yang harus dilaksanakan. Ngerecokin seseorang dengan maksud mengurangi benturan yang tidak diinginkan adalah tindakan yang baik, namun sayangnya harus menanggung sendiri konsekuensi yang telah diperbuat. Ada yang harus dikorbankan untuk menyelamatkan sisi lain. Hal tersebut memang membuat sakit, namun terlihat lebih baik jika hal yang tidak diinginkan tidak terjadi. Daftar rezeki yang telah diberikan kelak juga menjadi penyelamat jika arah dan tujuannya memiliki tempat yang pas dan benar – benar diterima oleh yang mereka kaum yang sudah dijabarkan. Tidak ada satu pun manusia yang bisa seragam, karena manusia adalah beragam. Kelak kita (makhluk) pasti tahu segalanya tanpa harus tertutup tabir yang kadang dan bahkan tak jarang membuat pilu salah satu sisi. Tidak perlu jauh, lihatlah sekitar. Tidak perlu sekitar, lihatlah saat matamu terpejam. Ingatlah se rinci mungkin saat matamu terpejam, karena ada beberapa ku mencoba menyadarkan dan ikut memberi tahu.

5 comments:

  1. I think this internet site has very excellent pent written content posts.

    ReplyDelete
  2. Excellent read, I just passed this onto a friend who was
    doing some research on that. And he just bought me lunch since I found it for him smile
    So let me rephrase that: Thank you for lunch!

    ReplyDelete
  3. 3. Time to obtain the Fortnite cell app.

    ReplyDelete
  4. WOW just what I was searching for. Came here by searching for built muscle whilst

    ReplyDelete
  5. I always was concedrned in this subject and stock still am,
    thankyou for posting .

    ReplyDelete

Pada "Comment as:" kamu bisa pilih Anonymous atau Name/URL ;)